SELAMAT DATANG DAN SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

STUDI KELAYAKAN BISNIS PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL

 STUDI KELAYAKAN BISNIS

NAKULA FUTSAL AREA
PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL
Jl. Tanah Raya Virginia Regency Pakuwon City Surabaya LT425 

Diajukan dalam Rangka Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah:
Studi Kelayakan Bisnis


Dosen Pengampu :
Drs. Agus Sucipto, MM.


Disusun Oleh:
Riyathus Sholehah      (11510100)
Mohamad Bastomi      (11510131)
Apriyan Nur Iman       (11510136)
Choirul Lutviansyah   (12510089)

JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG

2014




KATA PENGANTAR


 



            Dengan memanjatkan Puji syukur kehadirat ALLAH SWT, karena berkat rahmat, taufik serta hidayahnya kami masih diberi kesempatan dan kemampuan untuk menyusun tugas Take Home  dengan judul Studi Kelayakan Bisnis Nakula Futsal Area” guna memenuhi tugas akhir semester enam.
Tersusunnya makalah ini tidak lepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada:
1.      Bapak Drs. Agus Sucipto, MM. selaku dosen pengampu mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis yang memberikan arahan dan masukan dalam tugas ini.
  1. Serta semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan makalah ini yang tidak mingkin kami sebutkan satu persatu.
    Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempuran. Demi tercapainya suatu kesempurnaan kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.
Demikaian hal yang dapat kami sampaikan, kami berharap makalah ini dapat berguna bagi pembaca.







Malang, 10 Juni 2014


Penyusun

DAFTAR ISI










BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Sepak Bola merupakan olahraga favorit di indonesia,dengan jumlah lapangan sepak bola di Indonesia yang semakin hari semakin berkurang, sedangkan minat masyarakat akan olahraga sepak bola semakin meningkat mengakibatkan terjadinya kesenjangan antara demand dan supply olahraga sepak bola. Seiring dengan perkembanganya , sepak bola dalam ruangan menjadi alternatif pilihan olahraga khususnya masyarakat di kota – kota di indonesia. Gaya hidup masyarakat perkotaan serta lahan yang semakin mahal di kota - kota besar menyebabkan menjamurnya lapangan Futsal di indonesia, ini terbukti dengan perkembanganya bisnis penyewaan lapangan Futsal yang semakin meningkat setiap tahunnya, dengan semakin maraknya perkembangan usaha Lapangan Futsal diseluruh kota maupun penjuru pelosok Nusantara Indonesia, nyaris tidak ada yang sepi  gulung tikar ataupun kurang pengunjung, itu dikarenakan beberapa faktor, diantaranya :
1.      Masyarakat kita khususnya, usia produktif dan dewasa pada umumnya adalah penggila bola, sedangkan olah raga sepakbola( Futsal) bagi mereka sudah merupakan hobby sekaligus ‘kebutuhan’ yang tidak mungkin tidak untuk dilakukan dengan berbagai tujuan masing-masing.
2.      Sepakbola (Futsal) adalah olah raga rakyat dan merakyat
3.      Semakin banyak penggila bola, seiring dengan pembangunan dimana-mana khususnya dikota-kota besar maupun kota kabupaten, maka semakin sempit pula lahan untuk mereka manfaatkan lahan untuk bermain Futsal, dengan demikian Lapangan Futsallah sebagai tujuan utama bagi mereka berbondong-bondong untuk menyalurkan hobby mereka.
4.      Lapangan futsal yang terbuat dari Rumput sintetis, Vynil maupun Interlock dirasa lebih nyaman bagi mereka dibandingkan dengan bermain di lahan-lahan seperti lapangan desa, lahan kosong dsb. dengan berbagai faktor sebagai alasannya.
Oleh sebab itu, tidaklah kecil peluang untuk investasi di bidang ini untuk jangka pendek dan jangka panjangnya. dan dengan alasan itulah, kami berusaha menawarkan jasa pembuatan Lapangan Futsal bagi para pengusaha yang ingin menginvestasikan sebagian uangnya untuk membuat Lapangan Futsal, dimana Jasa yang kami berikan adalah Konsultasi Gratis mengenai Spesifikasi bangunan dan Lapangan, Pengerjaan Kontruksi Sipil dan baja, Installasi Lapangan Futsal dengan Rumput sintetis, Vynil coating, Interlock, dan Rubber cushion juga Installasi,  Netcage/Jaring kandang dan Gawang, Service/maintetnance, dengan Kualitas barang rekomendasi langsung dari FIFA, UEFA, AFC serta BFN (Badan Futsal Nasional) dengan bendera PT.LENGKA SPORTINDO yang merupakan kontraktor dan pengembang pembuatan jasa lapangan futsal, sudah banyak proyek futsal yang kami kerjakan di seluruh indonesia maupun luar negeri.
Olahraga futsal sudah menjadi sebuah demam positif di seluruh Indonesia dengan trend market yang masih terus meningkat, bahkan dalam 2 - 3 tahun belakangan ini olahraga yang sedang ini booming di tanah air dan memberikan keuntungan bagi mereka yang berada di bisnis ini sebagai pelaku bisnis Futsal. Untuk menghindari kejenuhan pasar, maka penyewaan futsal kami lengkapi dengan fasilitas fitness dan binaraga khusus untuk pelanggan yang mempunyai member card.

1.2  Rumusan Masalah

Dari uraian di atas akan timbul masalah yang di rumuskan sebagai berikut:
Apakah usaha penyewaan lapangan futsal dan beberapa fasilitas penunjang lain yang layak untuk di jalankan dan dikembangkan.

1.3  Manfaat

Penyewaan lapangan Futsal yang kami tawarkan memberikan kenyamanan lebih dalam hal kenyamanan penggunannya, selain itu kami juga sangat memperhatikan aspek keamanan dari lapangan futsal itu sendiri dimana jaring pembatas lapangan kami terbuat dari bahan yang tidak menimbulkan luka saat si pemain terkena jaring tersebut. Selain itu pula kami juga menyediakan Bola serta kaos tim yang bisa digunakan saat pertandingan gratis. Oleh karena itu paran pengguna lapangan futsal ini akan mendapatkan kenyamanan saat bermain di lapangan futsal ini.

1.4  Batasan dan Asumsi

1.4.1  Batasan
Pada pembentukan usaha ini tentu mempunyai batasan-batasan yang merupakan aspek-aspek dari studi Kelayakan pabrik/bisnis yaitu :
  1. Aspek hukum atau legalitas    
  2. Aspek pasar dan pemasaran
  3. Aspek teknis dan teknologi
  4. Aspek manajemen dan organisasi
  5. Aspek ekonomi, social, dan budaya
  6. Aspek keuangan
  7. Aspek AMDAL

  1.4.2  Asumsi
Pada study ini asumsi yang ada yaitu usaha penyewaan lapangan futsal dan cafe layak dan memenuhi semua aspek dalam batasan yang ditentukan dan tidak hanya layak tapi juga menjadi bisnis yang tepat untuk di lakukan juga dapat memaksimalkan profit.

BAB II
ASPEK  Hukum atau Legalitas

2.1  Pendahuluan

Bisnis penyewaan lapangan futsal pun jadi bisnis yang menjanjikan. Namun, kesadaran pemilik lapangan futsal untuk mengajukan izin usaha fasilitas olahraga di ruang tertutup masih rendah. Padahal, ketentuan itu jelas diatur dalam Perda Nomor 20 tahun 2008 tentang Izin Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum. Umumnya, pengelola lapangan futsal hanya mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan yang berdasarkan persetujuan tetangga di sebelah kanan, kiri, depan dan belakang gedung.
 Proses pembuatan izin paling lama 12 hari bisa selesai dengan biaya Rp 500 ribu. Berbeda dengan izin usaha lain yang masa berlakunya terbatas, izin usaha fasilitas olahraga di ruang tertutup cukup sekali saja diajukan. Tak ada istilah izin perpanjangan.  Izin usaha fasilitas olahraga di ruang tertutup adalah produk dinas pariwisata,  wewenang BP2TPM sebatas menangani administrasi perizinan.
Bentuk pelaksanaan bisnis ini adalah merupakan badan usaha perseorangan karena resiko dari usaha ini relative kecil dan modal investasinya juga mampu 100% dari perseorangan. Legalitas dalam bisnis merupakan hal yang sangat riskan. Dalam urusan legalitas lapangan nakula futsal zone tidak mendapatkan masalah karena nakula futsal zone akan dibangun di jalan raya antara dua kecamatan dan waktu usaha pun tidak akan mengganggu aktivitas warga sekitar karena waktu usaha kami di mulai pukul 06-00 pagi-23.00 malam selain itu juga  penduduk di sekitar tempat usaha masih sangat jarang dan mayoritas dari masyarakat juga penggemar dari olahraga futsal oleh karena itu untuk legalitas dari masyarakat sudah kami dapatkan melalui kepala desa sekitar. Sehingga untuk perizinan selanjutnya kepada pemerintah daerah terkait dengan izin usaha, izin lokasi izin gangguan dan IMB. Untuk perizinan tersebut di daerah lamongan sangatlah dipermudah sehingga masalah legalitas nakula futsal area telah layak.

2.2  Badan Hukum Organisasi

Setelah mempertimbangkan skala usaha dan juga tujuan pendirian organisasi maka diputuskan bahwa bentuk badan hukum yang paling sesuai untuk organisasi yang akan didirikan ini adalah Perseroan Terbatas (PT).

2.3 Jenis-Jenis Perijinan yang Diperlukan

Beberapa izin usaha wajib dimiliki oleh pengusaha antara lain :
1.      Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
2.      Izin Gangguan (HO) atau Surat Izin Tempat Usaha dari Dinas Perizinan;
3.      Surat Pernyataan tidak keberatan dari warga atas usaha tersebut. Usaha futsal yang menjamur belakangan ini ternyata menimbulkan keresahan warga akibat keramaian atau kributan yang ditimbulakn bagi lingkungan di sekitarnya.
Permohonan Izin untuk skala besar diserahkan kepada Dinas Perizinan dengan membawa lampiran berupa :
  • Persyaratan
i) Izin lokasi :
ü  Fotokopi KTP pemohon;
ü  Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan;
ü  Fotokopi IMB, site plan berikut gambar denah dan situasi;
ü  Fotokopi Surat kepemilikan tanah atau keterangan status kepemilikan tanah;
ü  Keterangan domisili Perusahaan dari Lurah/Camat setempat;
ü  Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga yang bersebelahan dengan lokasi usaha;
ü  Fotokopi bukti pelunasan PBB tahun terakhir;
ü  Peta lokasi dengan skala 1:100 dan peta situasi skala 1:1000;
ü  Proposal teknis rencana pembangunan lapangan dan site plan
ü  Gambar konstruksi bangunan yang telah mendapat persetujuan dari instansi setempat lengkap dengan bangunan ukur (water meter)
ü  Rekomendasi/Serbaguna dari Lurah dan Camat setempat.
ii) Izin usaha :
ü  Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.
ü  NPWP (nomor pokok wajib pajak)
ü  Surat tanda daftar perusahaan
ü  Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
ü  Surat tanda rekanan dari pemda setempat
ü  SIUP setempat
ü  Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Peneranga
ü  Membayar biaya administrasi Rp 500 ribu

  • Prosedur
ü  Setelah berkas permohonan masuk, petugas dari BP2TPM melakukan survey
ü  BP2TPM mengeluarkan izin
ü  Paling lama 12 hari izin terbit

2.4  Rekomendasi

            Berdasarkan analisis dari aspek hukum dan legalitas yang meninjau dari bentuk perusahaan hingga prosedur perijinan, maka dapat disimpulkan bahwa proyek ini layak dilaksanakan.


BAB III
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN


 3.1  Luas Pasar

Secara umum, pangsa pasar bisnis ini adalah seluruh masyarakat pria di Surabaya dari berbagai kalangan usia, terutama para penggemar olahraga futsal. Hal ini sesuai dengan kondisi riil di lapangan bahwa hampir seluruh penggemar futsal di Indonesia pada umumnya, dan di Surabaya pada khususnya adalah kaum adam. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi kaum wanita penggemar olahraga futsal di Surabaya untuk menjadi target pasar alternatif bisnis ini.
Selain itu, berdasarkan pengalaman sebagai salah satu konsumen dari usaha yang serupa, Tim juga menetapkan bahwa yang akan menjadi pangsa pasar utama bisnis pelayanan olahraga futsal ini adalah masyarakat pria di Surabaya yang berusia 15-44 tahun. Hal tersebut dikarenakan pada rentang usia tersebut sebagian besar manusia masih mampu melakukan aktivitas fisik (olahraga) berat, serta merupakan usia yang paling potensial apabila ditinjau dari segi daya beli barang dan jasa. Secara umum, rentang usia tersebut dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tingkat prioritas target pasar sebagai berikut :
a.       Mahasiswa
Mahasiswa yang menjadi target pasar utama bisnis ini adalah mahasiswa dari berbagai universitas yang berada di kawasan Surabaya Timur dan sekitarnya. Berdasarkan data yang diperoleh, di kawasan ini terdapat setidaknya 8 perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan jumlah mahasiswa keseluruhan (laki-laki dan perempuan) sebanyak 71.971 orang.




Daftar Jumlah Mahasiswa PTS & PTN di Surabaya Timur Tahun Ajaran 2007/2008
Nama Perguruan Tinggi
Jumlah Mahasiswa per 2007/2008
ITATS
5.735
ITS
19.672
Universitas Kartini
1.087
STIE Perbanas
2.314
STIESIA
2.919
Ubaya
15.735
Unitomo
10.574
Untag
13.935
Jumlah
71.971
Sumber : Dari berbagai sumber

Berdasarkan data sensus Biro Pusat Statistik kota Surabaya tahun 2000, perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan wanita di Surabaya adalah 49,84%:50,16%. Dengan demikian, apabila menggunakan persentase tersebut untuk menghitung perkiraan jumlah mahasiswa laki-laki pada berbagai perguruan tinggi di kawasan Surabaya Timur, maka perkiraan jumlah mahasiswa laki-laki adalah 35.871 orang.

b.      Karyawan (Usia 25–44 tahun)
Alasan pemilihan rentang usia karyawan antara 25-44 tahun yang menjadi pangsa pasar utama bisnis ini adalah karena pada rentang usia tersebut sebagian besar manusia masih mampu melakukan aktivitas fisik (olahraga) berat. Berdasarkan data sensus kependudukan Biro Pusat Statistik (BPS) Surabaya tahun 2000, jumlah penduduk dewasa laki-laki pada usia ini sebanyak 497.420 jiwa.

c.       Pelajar SMA
Pelajar yang menjadi target pasar utama bisnis ini adalah pelajar laki-laki dari berbagai SMA yang berada di kawasan Surabaya Timur dan sekitarnya. Berdasarkan data Dinas Pendidikan Nasional Kota Surabaya, jumlah pelajar laki-laki SMA di kawasan ini adalah sebanyak 19.043 orang pada tahun ajaran 2006/2007.
Jumlah Siswa SMA Laki-Laki di Kawasan Surabaya Timur
Tahun Ajaran 2006/2007
Kecamatan
Jumlah Siswa (L)
Tambaksari
1.867
Gubeng
7.855
Semampir
1.102
Rungkut
863
Sukolilio
4.974
Mulyorejo
1.535
Tenggilis Mejoyo
807
Gunung Anyar
40
Jumlah
19.043
Sumber : Dinas Pendidikan Nasional Kota Surabaya
Apabila data-data di atas digunakan sebagai dasar perhitungan luas pasar usaha persewaan lapangan futsal, maka diperkirakan luas pasar usaha ini adalah sebesar 552.334 orang (jumlah dari 19.043 siswa SMA + 497.420 karyawan + 35.871 mahasiswa) seperti yang digambarkan dalam tabel di bawah ini :
Jumlah Parkiraan Luas Pasar Usaha Persewaan Lapangan Futsal Berdasarkan Pekerjaan
Jenis Pekerjaan
Jumlah
Mahasiswa
35.871 orang
Karyawan
497.420 orang
Siswa
19.043 orang
Jumlah
552.334 orang
            Sumber : Diolah dari berbagai sumber

 3.2  Mengukur dan Meramal Permintaan dan Penawaran

1 Mengukur permintaan dan penawaran
1.1 Mengukur permintaan
Dalam mengukur permintaan atas jasa pelayanan usaha ini, Tim mencoba melakukan survey lapangan dengan menggunakan metode sampel terhadap beberapa karyawan, mahasiswa, dan pelajar di kawasan Surabaya Timur. Dari hasil uji sampel tersebut, didapat tingkat perkiraan permintaan terhadap penggunaan lapangan futsal. Kuesioner yang disebar Tim berjumlah 100 lembar, dengan perincian : 50% mahasiswa, 35% karyawan, dan 15% pelajar.
Dari penilaian kuesioner tersebut didapatkan hasil sampel tingkat permintaan terhadap jasa persewaan lapangan futsal adalah sebagai berikut :
Hasil Survey Permintaan Pasar
Pekerjaan
Jumlah Kuesioner
Peminat Futsal
Tidak Berminat Futsal
yang Disebar
Jumlah Orang
%
Jumlah Orang
%






Mahasiswa
50 lembar
42 orang
84,00%
8 orang
19,05%
Karyawan
35 Lembar
29 orang
82,86%
6 orang
17,14%
Siswa
15 lembar
15 orang
100,00%
-
0,00%






Jumlah
100 lembar
86 orang
86,00%
14 orang
14,00%
Sumber : Hasil survey dan olah data Tim

Berdasarkan data sampel di atas, maka dapat diukur jumlah perkiraan permintaan atas jasa usaha ini seperti yang digambarkan pada tabel di bawah ini :

1.2 Mengukur penawaran
Produsen yang menawarkan jasa serupa yang sudah ada sebelumnya di kota Surabaya berjumlah kurang lebih 9 unit. Kesembilan produsen tersebut berlokasi di berbagai tempat di Surabaya yang letaknya hampir seluruhnya saling berjauhan satu sama lain. Untuk data lebih lanjut mengenai penawaran jasa serupa di Surabaya dapat dilihat pada tabel di bagian lain bab ini.



2 Meramal permintaan dan penawaran
2.1 Meramal permintaan
Permintaan terhadap usaha ini diperkirakan akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut didasarkan pada data BPS Surabaya yang menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan rata-rata penduduk Surabaya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan pada tahun 2007 pertumbuhan penduduk Surabaya mencapai 1,5%, dan diperkirakan akan meningkat lebih besar pada tahun-tahun berikutnya.

2.2 Meramal penawaran
Penawaran terhadap usaha ini diperkirakan akan semakin meningkat seiring dengan tingginya tingkat permintaan atas usaha ini. Hal ini ditunjukkan dengan fakta di lapangan yang menunjukkan jumlah produsen yang menawarkan jasa serupa pada tahun 2007 sebanyak 5 produsen meningkat menjadi 9 produsen di tahun 2008.

 3.3  Pertumbuhan Permintaan (Tren dan Proyeksi)

Proyeksi permintaan dan penawaran terhadap penyewaan lapangan futsal per tahun (1 lapangan futsal) dapat diperkirakan adalah sebagai berikut :
ü  Senin – Jumat = 5 hari ( dalam 1 bulan ada 22 hari )
    • Pukul 10.00-17.00 = 7 jam/hari
o   Pukul 17.00-22.00 = 5 jam/hari
ü  Sabtu – Minggu = 2 hari (dalam 1 bulan ada 8 hari )
o   Pukul 07.00-23.00 = 16 jam/hari
Perhitungannya :
Diproyeksikan Permintaan Dari Tahun 2010-2019 (dalam jam) adalah sebagai berikut :
Tahun
Senin – Jum’at
Sabtu -Minggu
Total
2010
(5+3) x 22 hari = 176 jam/bln
14 x 8 hari = 112 jam/bln
288 x 12 bln = 3456 jam/thn
2011
(5+4) x 22 hari = 198 jam/bln
13 x 8 hari = 104 jam/bln
302 x 12 bln = 3624 jam/thn
2012
(5+5) x 22 hari = 220 jam/bln
14 x 8 hari = 112 jam/bln
332 x 12 bln = 3984 jam/thn
2013
(6+5) x 22 hari = 242 jam/bln
13 x 8 hari = 104 jam/bln
346 x 12 bln = 4152 jam/thn
2014
(6+5) x 22 hari = 242 jam/bln
15 x 8 hari = 120 jam/bln
362 x 12 bln = 4344 jam/thn
2015
(7+5) x 22 hari = 264 jam/bln
16 x 8 hari = 128 jam/bln
392 x 12 bln = 4704 jam/thn
2016
(7+5) x 22 hari = 264 jam/bln
16 x 8 hari = 128 jam/bln
392 x 12 bln = 4704 jam/thn
2017
(7+5) x 22 hari = 264 jam/bln
16 x 8 hari = 128 jam/bln
392 x 12 bln = 4704 jam/thn
2018
(7+5) x 22 hari = 264 jam/bln
16 x 8 hari = 128 jam/bln
392 x 12 bln = 4704 jam/thn
2019
(7+5) x 22 hari = 264 jam/bln
16 x 8 hari = 128 jam/bln
392 x 12 bln = 4704 jam/thn

Diproyeksikan Penawaran Dari Tahun 2010-2019 (dalam jam) adalah sebagai berikut :
Tahun
Senin – Jum’at
Sabtu -Minggu
Total
2010
3 jam x 22 hari = 66 jam/bln
6 x 8 hari = 48 jam/bln
114 x 12 bln = 1368 jam/thn
2011
3 jam x 22 hari = 66 jam/bln
7 x 8 hari = 156 jam/bln
122 x 12 bln = 1464 jam/thn
2012
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
8 x 8 hari = 64 jam/bln
152 x 12 bln = 1824 jam/thn
2013
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
160 x 12 bln = 1920 jam/thn
2014
5 jam x 22 hari = 110 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
182 x 12 bln = 2184 jam/thn
2015
5 jam x 22 hari = 110 jam/bln
10 x 8 hari = 80 jam/bln
192 x 12 bln = 2280 jam/thn
2016
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
160 x 12 bln = 1920 jam/thn
2017
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
160 x 12 bln = 1920 jam/thn
2018
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
160 x 12 bln = 1920 jam/thn
2019
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
160 x 12 bln = 1920 jam/thn

Diproyeksikan Rencana Penjualan Dari Tahun 2010-2019 (dalam jam) adalah sebagai berikut :
Tahun
Senin – Jum’at
Sabtu -Minggu
Total
2010
3 jam x 22 hari = 66 jam/bln
5 x 8 hari = 40 jam/bln
106 x 12 bln = 1272 jam/thn
2011
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
5 x 8 hari = 40 jam/bln
128 x 12 bln = 1536 jam/thn
2012
3 jam x 22 hari = 66 jam/bln
6 x 8 hari = 48 jam/bln
114 x 12 bln = 1368 jam/thn
2013
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
5 x 8 hari = 40 jam/bln
128 x 12 bln = 1536 jam/thn
2014
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
160 x 12 bln = 1920 jam/thn
2015
4 jam x 22 hari = 88 jam/bln
9 x 8 hari = 72 jam/bln
160 x 12 bln = 1920 jam/thn
2016
5 jam x 22 hari = 110 jam/bln
10 x 8 hari = 80 jam/bln
190 x 12 bln = 2280 jam/thn
2017
5 jam x 22 hari = 110 jam/bln
10 x 8 hari = 80 jam/bln
190 x 12 bln = 2280 jam/thn
2018
5 jam x 22 hari = 110 jam/bln
10 x 8 hari = 80 jam/bln
190 x 12 bln = 2280 jam/thn
2019
5 jam x 22 hari = 110 jam/bln
10 x 8 hari = 80 jam/bln
190 x 12 bln = 2280 jam/thn

Proyeksi Permintaan dan Permintaan Penyewaan Lapangan Futsal (dalam jam) untuk 10 tahun mendatang
Tahun
Permintaan
Penawaran
Selisih
Peluang
2010
3456
1368
2088
60,42 %
2011
3624
1464
2160
59,60 %
2012
3984
1824
2160
54,22 %
2013
4152
1920
2232
53,78 %
2014
4344
2184
2160
49, 72 %
2015
4704
2280
2424
51,53 %
2016
4704
1920
2784
59, 18 %
2017
4704
1920
2784
59, 18 %
2018
4704
1920
2784
59, 18 %
2019
4704
1920
2784
59, 18 %

Peluang pasar yang terlihat pada tabel diatas cenderung meningkat dan persentasi peluangnya relatif besar secara umum. Ini terlihat pada tabel 2 di bawah ini, yaitu dengan membandingkan rencana penjualan pengusaha futsal center, dimana peluang penjualan dan pangsa pasar relatif besar.
Peluang dan Pangsa Pasar Penyewaan Lapangan Futsal yang dapat diramalkan untuk 10 tahun mendatang           
Tahun
Peluang
Rencana Penjualan
Selisih
Peluang
Pangsa Pasar
2010
2088
1272
810
39,08 %
60, 92 %
2011
2160
1536
624
28,89 %
71, 11 %
2012
2160
1368
792
36,67 %
63,33 %
2013
2232
1536
696
31, 18 %
68, 82 %
2014
2160
1920
240
11,11 %
88, 89 %
2015
2424
1920
504
20,79 %
79, 21 %
2016
2784
2280
504
18,10 %
81, 9 %
2017
2784
2280
504
18,10 %
81, 9 %
2018
2784
2280
504
18,10 %
81, 9 %
2019
2784
2280
504
18,10 %
81, 9 %

3.4   Persaingan Antar Produsen

Untuk persaingan antar produsen usaha jasa pelayanan olahraga futsal di Surabaya yang memang berorientasi bisnis (bukan milik suatu institusi tertentu) tergolong masih sangat rendah. Data yang berhasil dikumpulkan oleh Tim menunjukkan bahwa produsen usaha ini di Surabaya baru sebanyak 9 unit yang hampir seluruhnya tersebar dan letaknya saling berjauhan di berbagai lokasi di Surabaya. Data lebih detail mengenai produsen usaha ini akan ditunjukkan dalam tabel di bawah ini :




Persaingan Antar Produsen Jasa Persewaan Lapangan Futsal
No.
Nama Produsen
Lokasi
Jumlah Lapangan
Jenis Lapangan
Tarif Rata-Rata/Jam
1
Kenjeran Park
Kenjeran
6
Kayu
Rp 40.000
2
Graha Futsal
Kenjeran
3
Sintetis
Rp 80.000
3
GOR Kutisari
Kutisari
4
Semen
Rp 75.000
4
Virtual Strike
Golden City Mall
1
Sintetis
Rp 80.000
5
-
Ngagel



6
Menara Futsal
Rungkut
2
Kayu
Rp 50.000
7
-
Ahmad Yani



8
-
Benowo



9
-
Wiyung




Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa persaingan pelayanan olahraga futsal di Surabaya masih rendah, terutama produsen yang menyediakan persewaan lapangan futsal yang menggunakan bahan sintetis. Belum lagi lokasi keempat produsen di atas hampir seluruhnya saling berjauhan. Dari segi persaingan tarif pun masih termasuk dalam kategori yang wajar dan sehat. Hal ini semakin menambah peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Kalaupun terdapat perbedaan tarif sewa yang cukup tinggi antara lapangan kayu dan semen dengan lapangan sintetis, hal tersebut sangat wajar dan beralasan, karena selain bahan yang digunakan lebih mahal serta memerlukan perawatan yang lebih intensif, lapangan sintetis juga membuat pemain merasa lebih nyaman dan mengurangi resiko cedera dalam bermain futsal.

3.5  Segmentasi, Target, dan Positioning

a. Segmentasi
Segmentasi atau pasar yang dibidik oleh sebuah futsal center sangatlah segmented berdasarkan lokasi/area, yaitu olahraga futsal bukan hanya ada di kota-kota besar, tapi mulai merambah ke kota-kota kecil, sehingga masih banyak peluang yang bisa didapat jika Nakula Futsal Area dibangun di Jl. Tanah Raya Virginia Regency Pakuwon City Surabaya LT425. Selain segmentasi berdasarkan lokasi, segmentasi futsal center ini juga berdasarkan perilaku, yaitu meningkatnya perilaku kebutuhan masyarakat terhadap olahraga futsal, serta segmentasi berdasarkan psikografis, yaitu meningkatnya kesukaan masyarakat dan hobinya terhadap olahraga futsal sebagai olahraga yang makin beken sekarang ini.
b. Target
Target pasar dari Nakula Futsal Area ini adalah pelajar, mahasiswa, dan pekerja, karena tidak hanya anak-anak muda, para eksekutif muda pun tergila-gila memainkannya.
c. Posisi
Positioning yang akan kami bangun adalah “Nakula Futsal Area”. Maksudnya kami ingin membangun brand image dibenak pemakai lapangan futsal sebagai futsal center yang memiliki diferensiasi (nilai pembeda) dibandingkan futsal center yang lain dengan memiliki fasilitas yang lengkap, aman, nyaman, dan memadai, serta selalu aktif mengadakan kompetisi futsal. Ini semua akan benar-benar nyata dirasakan oleh pengguna Nakula Futsal Area dibandingkan di futsal center lainnya.

3.6  Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

a. Produk
Produk yang dimaksud disini adalah lapangan futsal itu sendiri dengan memberikan jasa penyewaan dengan jenis “Futsal International Court” dengan nama “Nakula Futsal Area” yang berjumlah 3 lapangan futsal ukuran 28 x 18 m2 (tahap 1, Interlock Polyproplene) dan bentuk full investasi. Adapun konsep dari futsal center itu sendiri merupakan perpaduan antara sarana olahraga dan tempat santai, desain semi terbuka untuk mendapatkan kenyamanan dan suasana alami. Selain itu dilengkapi ruang ganti & locker, shower (panas+dingin), cafeteria, mushalla, dan areal parkir yang luas. Ini semua agar menarik pelanggan penyewa lapangan futsal dan mereka merasa nyaman bermain futsal di Nakula Futsal Area.



b. Place
Tempat futsal ini berada di Jl. Tanah Raya Virginia Regency Pakuwon City Surabaya LT425. Tempat ini dipilih karena letaknya yang strategis, yaitu perum ini berada di pertigaan jalan. Selain tempatnya yang masih sejuk, juga terdapat tempat perbelanjaan (seperti SuperIndo, Indomaret, Alfamart, serta toko-toko lainnya), adanya taman-taman bermain, salah satu tempat olahraga pagi, dan tepatnya di Perum ini belum terdapat futsal center, sedangkan peminatnya banyak, disana baru terdapat kolam renang, dan gor bulutangkis. Jadi sangat tepat jika Nakula Futsal Area dibangun di sana.
c. Price
Harga Sewa :
  • Rp 150.000 / jam (Pukul 10.00 – 17.00)
  • Rp 200.000 / jam (Pukul 17.00 – 22.00)
  • Hari Sabtu & Minggu diberlakukan tarif flat sebesar Rp 220.000 / jam (Pukul 07.00 – 23.00)
  • Tiga bulan pertama diberlakukan discount 20% untuk harga promosi.
d. Promotion
Promosi awal dilakukan dengan penyebaran brosur di sekolah-sekolah, kampus-kampus, tempat perbelanjaan, tempat kerja, memasang pamphlet /spanduk di jalan-jalan, iklan lewat blog dan facebook, dan pasang iklan di tabloid olahraga untuk menjaring pelanggan lebih luas lagi. Setelah beberapa bulan, promosi bisa dilakukan dengan membuat kompetisi tim futsal dan event-event lain secara rutin.

 3.7  Analisis SWOT

Strengh
  • Harga terjangkau (standart).
  • Promosi yang menggoda.
  • Lokasi yang mendukung dan tempat yang tidak mengecewakan.
Weakness
  • Untuk membuat fasilitas futsal baru membutuhkan biaya yang besar.
  • Selain itu juga membutuhkan lahan yang relatif luas.
Opportunity
  • Peminat futsal terus meningkat dari tahun ke tahun.
  • Tidak banyak lahan untuk bermain bola di Surabaya.
Threat
  • Bersaing dengan pesaing yang sudah lama terjun.
  • Cukup banyak pesaing dan berpotensi munculnya pesaing – pesaing baru.

3.8  Keputusan Strategi

Untuk membangun sebuah jasa yang berkualitas, Nakula Futsal Area perlu memperhatikan lima aspek yang menjadi dimensi kualitas sebuah jasa. Lima aspek inilah yang akan dilihat pelanggan apakah sebuah jasa itu berkualitas atau tidak. Kelima aspek itu adalah:
  1. Tangibles (bentuk fasilitas fisik)
Bentuk fisik yang mendukung kegiatan bisnis futsal Nakula Futsal Area ini yaitu berupa tempat, rumput, atap lapangan futsal, bola, meja, kursi, loker, kamar mandi, musholla, dll.
  • Tempat: tempat didirikannya terlihat menarik dengan bangunan arsitektur bagus dengan lapangan model outdor dan bernuansa natural dengan pemilihan warna yang sesuai, kebersihannya terjaga dan letak yang strategis.
  • Rumput lapangan: rumput yang digunakan adalah rumput sintetis 1 lapisan 22 mm.
  • Atap lapangan: atap lapangan yang digunakan adalah model terpal yaitu Gamaville yang merupakan model modern. Terpal ini sangat kuat, tahan api, anti UV, anti jamur dan sangat lentur.
  • Bola: bola yang disediakan adalah bola yang berkualitas baik.
  • Meja & kursi: meja dan kursi dipilih yang sekiranya memberikan kenyamanan, tidak goyang, dll.
  • Loker: loker yang disediakan sekiranya cukup untuk memuat barang” titipan pelanggan.
  • Kamar mandi: peralatan kamar mandi selalu tersedia dan yang paling diutamakan adalah selalu bersih.
  1. Reliability (kehandalan)
Nakula Futbal Area mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Sebagaimana berikut ini:
  • Memberikan pelayanan sesuai janji, apa yang telah dijanjikan harus sesuai dengan kenyataan. Seperti halnya masalah pemesanan lapangan, ini harus sesuai dengan apa yang telah dijanjikan, bila dikatakan jam 7 malam lapangan kosong dan dapat dipesan, maka dalam kenyataannya juga dibuat demikian, jam 7 malam lapangan harus kosong dan tersedia untuk digunakan, dengan harapan konsumen bisa merasa puas.
  • Pertanggung jawaban tentang penanganan konsumen akan masalah pelayanan, pihak Nakula Futsal Area akan menyediakan kontak suara konsumen, baik lewat kotak pengaduan, nomor telepon yang disediakan, atau melalui situs web perusahaan untuk menyampaikan kritik dan saran.
  • Memberi pelayanan yang baik saat kesan pertama kepada konsumen, saat bertatap muka dengan konsumen saat mengunjungi Nakula Futsal Area, maka karyawan diwajibkan tersenyum dan menyapa pelanggan yang datang tersebut dengan ramah dan penuh sopan santun.
  • Pelayanan tepat waktu, ketepatan pelayanan jasa yang tepat waktu/ on time sangat diinginkan oleh para konsumen.           
  1. Responsiveness (tanggapan), terdiri dari:
  • Memberikan pelayanan yang cepat. Pelayanan yang yang dimaksud salah satunya pada saat konsumen melakukan pemesanan dan pembayaran, atau disaat pelanggan mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan, maka karyawan akan segera membantu kesulitan yang dialami oleh konsumen tersebut.
  • Kerelaan untuk membantu/menolong konsumen. Kerelaan ini diwujudkan dengan membantu konsumen tanpa pamrih, menanyakan apa yang bisa dibantu ketika konsumen terlihat mengalami kesulitan tanpa diminta sebelumnya.
  • Siap dan tanggap untuk menangani respon permintaan dari para konsumen. Karyawan dibekali dengan soft skill bagaimana memberikan respon yang positif terhadap setiap permintaan konsumen.
  1. Assurance (jaminan)
  • Karyawan yang memberi jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen, dalam hal pelayanankepada konsumen, para karyawan harus berperformance yang baik dan profesional, sehingga konsumen akan percaya sebelum menerima pelayanan.
  • Membuat konsumen merasa aman saat menggunakan jasa pelayanan yang diberikan.
  • Karyawan dibekali pengetahuan tentang pelayanan apa saja yang harus diberikan kepada konsumen.
  • Konsumen akan mendapat keringanan pembayaran apabila apa yang telah dijanjikan tidak sesuai dengan pelayanan yang mereka terima dengan persyaratan yang telah ditentukan.
  1. Emphaty (empati)
  • Memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan, bentuknya seperti yang telah dikatakan sebelumnya, karyawan harus cepat dan tanggap dalam membantu konsumen yang mengalami kesulitan tanpa diminta sebelumnya.
  • Karyawan yang mengerti keinginan dari para konsumennya. Keinginan dan harapan konsumen akan menentukan kepuasan konsumen nantinya. Para tenaga ahli harus mampu memahami setiap keinginan konsumennya. Baik itu keinginan yang menyangkut hal pelayanan saat bermain futsal, maupun pelayanan jasa pendukung yang lainnya.

3.9  Siklus Hidup Produk (Jasa)

Jenis usaha ini memiliki siklus hidup produk berupa jasa persewaan lapangan futsal yang diperkirakan relatif stabil dan dapat bertahan cukup lama apabila dilihat dari tren yang berkembang di masyarakat. Hal ini disebabkan semakin meningkatnya kesadaran dan minat masyarakat modern terhadap olahraga hingga beberapa tahun ke depan, terutama untuk olahraga indoor.
Olahraga indoor semakin diminati masyarakat karena semakin minimnya lahan terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk berolahraga. Khusus untuk futsal, olahraga ini mulai booming di Indonesia pada umumnya dan di Surabaya pada khususnya sejak 5 tahun terakhir, dan peminatnya pun juga selalu bertambah dari tahun ke tahun. Tingkat okupansi lapangan futsal yang disewakan dari seluruh operator lapangan futsal di Surabaya juga relatif stabil. Oleh karena itu, hingga saat ini siklus hidup usaha ini diperkirakan mampu bertahan hingga untuk waktu yang cukup lama, bahkan bukan tidak mungkin mampu bertahan selamanya, karena pada dasarnya sepakbola dan futsal merupakan olahraga yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga diperkirakan tidak akan kekurangan konsumen kecuali bila terjadi kejenuhan penawaran.

 3.10  Ketergantungan Usaha

Ketergantungan usaha ini terhadap produsen tidak terlalu tinggi, karena bidang usaha utama bisnis ini (bukan usaha sampingan) adalah usaha yang bergerak di bidang jasa (persewaan lapangan). Dengan demikian, usaha ini hanya bergantung pada produsen jasa perawatan lapangan futsal sintetis. Kecuali bila harus dilakukan penambahan jumlah lapangan futsal, ataupun penggantian bahan lapangan yang sudah ada.
Pengaruh konsumen terhadap usaha ini juga tidak kalah pentingnya, karena tanpa adanya konsumen maka penjualan jasa tidak akan berlangsung. Ketergantungan usaha terhadap sumber daya diperkirakan akan sangat tinggi. Hal ini meliputi sumber daya produksi jasa, yaitu lapangan futsal yang akan disewakan, dan tempat yang strategis agar usaha dapat berkembang dengan pesat. Selain itu dibutuhkan juga sumber daya manusia yang mengelola usaha ini mulai dari pihak manajemen sampai pihak karyawan. Sehingga dengan dimilikinya sumber daya yang handal maka diperkirakan usaha ini akan berkembang dengan pesat dan dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.

3.11  Rekomendasi

Berdasarkan analisis aspek pasar dan pemasaran yang meninjau dari gamaran umum proses pasar produk hingga keputusan strategi apa yang akan dijalankan guna menjangkau segmen pasar yang menjadi target pasar, maka dapat disimpulkan bahwa proyek ini layak untuk dilaksanakan.



BAB IV
ASPEK TEKNIK/OPRRASI DAN TEGNOLOGI

4.1  Pendahulan

Untuk aspek operasional dari nakula futsal zone meliputi pemesanan lapangan yang bisa dilakukan secara manual datang ke nakama futsal zone maupun online di www.nakulafutsalarea.com atau juga melalui hotline di 085755500xxx. Selain itu adalah perawatan peralatan dan perlengkapan yang meliputi lapangan, gawang, bola, lampu penerangan. Jarring (net) dst. Sedangkan untuk biaya operasional yang telah diuraikan di atas Nakula Futsal Area memperkirakan adalah 35% dari omset keseluruhan dari Nakula Futsal Area

4.2  Skala Operasi Lapangan Futsal

       Apabila kita ingin membangun lapangan standard nasional, maka dibutuhkan 16 x 26 m = 416 mtr, hitungan ini hanya lapangan futsalnya saja, untuk bangunan yang pasti harus lebih besar. Lapangan futsal indoor paling tidak membutuhkan minimal 20 x 30 mtr = 600 mtr, ini hanya bangunan saja, belum lagi lahan untuk parkir, ruang ganti, toilet dll. Paling tidak, untuk mengakomodasi semua kebutuhan lapangan futsal lengkap dengan lahan parkir, toilet, ruang ganti dll membutuhkan paling tidak 800 - 1000 mtr.
·    Ukuran lapangan yang diberikan:
  1. Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m
  2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
  4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
  5. Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang
  6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
  7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasive

·       Bola
  1. Ukuran: 4 cm
  2. Keliling: 62-64 cm
  3. Berat: 390-430 gram
  4. Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
  5. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu, tak berbahaya)

  • Jumlah pemain (per tim)
  1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2
  3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
  4. Jumlah wasit: 1
  5. Jumlah hakim garis: 2
  6. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
  7. Metode pergantian: "pergantian melayang" (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)     

  • Perlengkapan pemain
  1. Kaos bernomor
  2. Celana pendek
  3. Kaos kaki
  4. Pelindung lutut
  5. Alas kaki bersolkan karet

  • Lama permainan
  1. Lama normal: 2x20 menit
  2. Lama istiharat: 10 menit
  3. Lama perpanjangan waktu: 2x10 menit
  4. Ada adu penalti jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai
  5. Time-out: 1 per tim per babak; tak ada dalam waktu tambahan
  6. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit

  • Fasilitas
Ruang ganti baju, tempat duduk yang luas baik untuk penonton maupun pemain, penjualan aneka minuman dingin, toilet yang bersih harus selalu dijaga. Tempat yang kotor menjadi sarang sumber penyakit (nyamuk, bau tak sedap dan bakteri). Parkir yang luas juga sangat menentukan keputusan pemain futsal dalam menentukan tempat main favorit.
 









Gambar Luas Lapangan Futsal

4.3  Lokasi usaha

Tentukan Luas lokasi yang ingin dijadikan usaha membuat lapangan futsal sesuaikan dengan jumlah lapangan yang ingin dibuat.  Pemilihan lokasi sangat penting dalam menentukan target pasar dalam investasi lapangan futsal. Pemain futsal mencakup berbagai kalangan masyarakat dari kaum menengah keatas maupun menengah kebawah, pelajar maupun pekerja, institusi maupun personal. Selama dalam radius 2 km dari lokasi anda belum terdapat lapangan futsal atau masih jarang, silahkan lanjut dengan investasi futsal anda karena masih sangat menjanjikan.

4.4  Desain & Konsep

Konsep tertutup (indoor), terbuka (outdoor) maupun semi indoor memberikan pilihan pada pemain futsal. Intinya pemain futsal membutuhkan tempat yang teduh, sirkulasi udara yang baik, penerangan yang cukup, kebersihan terawat dan keamanan. Terapkan konsep ini menjadi suatu disiplin terhadap pekerja di tempat futsal anda. Pastinya langganan setia akan selalu kembali ke futsal anda.
Yang perlu diperhatikan dalam membangun lapangan futsal adalah kenyamanan bermain di dalamnya, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udara didalam bangunan futsal tersebut. Bangunan futsal yang tertutup rapat, kurang nyaman digunakan karena akan mengakibatkan udara didalam bangunan terasa pengap. Untuk itu, disarankan ketika membangun lapangan futsal, ke-4 sisinya dibiarkan terbuka sehingga udara akan bebas keluar masuk,namun harus diberikan kanopi supaya air tidak masuk ke dalamnya.

4.5  Kegiatan Operasional

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan terkait dengan aspek teknis antara lain :
  • Menentukan pilihan lokasi dan tempat yang akan dijadikan tempat futsal, lokasi yang dekat dengan permukiman atau perkantoran member nilai tambah.
  • Memilih lokasi dan tempat lapangan futsal sebaiknya mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan tidak mengganggu orang-orang di sekitarnya. Jika mungkin pilihlah lokasi dengan luas yang memadai atau berukuran standar umum bahkan internasional.
  • Memperhatikan sirkulasi udara gedung dan lapangan futsal dengan cara mengusahakan sedemikian rupa agar saluran udaranya atau ventilasi udara relative cukup, sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman dalam bermain futsal atau menikmati suasana.

Untuk aspek operasional dari bisnis futsal ini meliputi :
  • Jam operasi lapangan adalah pkl. 08.00 s/d 20.00 tiap hari senin hingga Jum’at  dan 08.00 s/d 21.00 pada hari sabtu dan minggu
  • Pemesanan lapangan yang bisa dilakukan secara manual datang ke lokasi futsal maupun secara online dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dalam web khusus atau juga dengan booking lewat telephone/HP. Biasanya para penyewa melakukan membooking lokasi 2-3 hari sebelum pemakaian, karena bisnis ini tak ada rentannya, siapa cepat dia dapat, setiap hari sudah pasti full tak bersisa. Jika kita mau main hari ini berarti kemarin lusa sudah harus memboking dengan harga 50% dari total harga sewa.
  • Melakukan perawatan peralatan dan perlengkapan secara rutin, yang meliputi lapangan, gawang, bola, lampu penerangan. Jaring (net), fasum, dst. untuk memberikan  kesan baik bagi konsumen.
  • Untuk mendukung suasana di ruang tunggu dapat disediakan televisi sebagai media informasi dan sarana hiburan bagi para pemain/pengunjung.
  • Sediakan pula informasi/majalah futsal atau bahan bacaan yang menghibur pemain/pengunjung.
  • Mempersiapkan berbagai peralatan, perlengkapan, dan infrastruktur lainnya atas dasar prinsip kecukupan dan kememadaian kuantitas maupun kualitasnya.
  • Membuka cafe/kios minuman dengan berbagai variasi jenis dan merknya sesuai dengan selera dan kebutuhan pengguna lapangan. Hal ini dapat menambah penghasilan rutin, terutama sekali menunjang secara langsung pembiayaan kebersihan dan kenyamanan ruangan dan lapangan futsal, disamping memberikan layanan bagi pengguna.

4.6  Sistem Informasi Manajemen

Dibawah ini adalah prosedur  sistem informasi dalam menunjang kegiata operasional lapangan futsal di Nakula Futsal Area yang sedang berjalan.
1.      Petugas penyewa lapangan memberikan formulir penyewaan lapangan futsal yang akan menyewa lapangan futsal dengan jadwal penyewaan lapangan untuk diisi.
2.      Formulir data penyewaan lapangan futsal yang telah selesai diisi oleh penyewa kemudian dikembalikan kepada petugas penyewaan lapangan futsal untuk diproses selanjutnya.
3.      Petugas penyewaan menerima formulir penyewaan lapangan futsal yang telah diisi dan melakukan pengecekan penyewaan dan jadwal penyewaan lapangan futsal, apabila jadwal telah penuh maka akan menginformasikan kembali kepada penyewa dan memberikan jadwal yang lain, bilamana jadwal tersebut disetujui oleh penyewa maka akan dilakukan proses penginputan data penyewaan lapangan secara manual kedalam database.
4.      Petugas penyewaan lapangan akan memberitahukan cara pembayaran penyewaan lapangan futsal, kemudian akan mencetak kwitansi pembayaran lapangan futsal.
5.      Petugas penyewaan membuat laporan penyewaan lapangan futsal secara periodik untuk diserahkan kepada pimpinan Nakula Futsal Area..
6.      Petugas perawatan lapangan futsal akan melakukan pengecekan kondisi lapangan futsal serta peralatan apa saja yang telah rusak.
7.      Petugas perawatan lapangan menginput data kerusakan lapangan untuk disimpan ke dalam database untuk diolah dan digunakan untuk membuat laporan kerusakan lapangan yang telah dikalkulasikan untuk diberikan kepada bagian pembelian.
8.      Bagian pembelian menerima laporan kerusakan lapangan yang telah dikalkulasi dan menyimpannya sebagai arsip, kemudian bagian pembelian membuat laporan kerusakan lapangan yang telah mengasumsikan barang dan harganya untuk diberikan kepada bagian keuangan.
9.      Bagian keuangan menerima laporan kerusakan lapangan dan menyimpannya sebagai arsip, kemudian merealisasikan biaya anggaran kerusakan lapangan tersebut untuk diberikan kepada bagian pembelian.
10.  Bagian keuangan menerima laporan biaya anggaran kerusakan lapangan dan menyimpannya sebagai arsip, kemudian membuat laporan biaya anggaran perbaikan lapangan untuk diserahkan kepada pimpinan Nakula Futsal Area.


Keterangan :
File 1 adalah Biaya Penyewaan Lapangan.
Adapun  perancangan input dari sistem informasi pengolahan data operasinal ini adalah sebagai berikut :
a.        Form login

Form login digunakan untuk membedakan hak akses pengguna. Melalui form login ini yang boleh masuk sistem adalah pengguna yang mengetahui user name, password dan memiliki hak aksesnya sesuai pilihannya.


Gambar Rancangan Form Login
a.      Form utama
Form menu utama akan muncul apabila user berhasil login kedalam program dengan mengisikan password dengan benar, halaman ini digunakan untuk memilih form baik untuk menginputkan data maupun mencetak laporan. Form halaman utama merupakan sentral dari semua halaman form. Form ini berisi menu-menu utama yang dapat mengakses dan menjadi penghubung antara pengguna dengan sistem.
Gambar 4.. Rancangan Form Pengolahan Penyewaan Lapangan Futsal

c.    Form input data perawatan lapangan futsal
Form input data perawatan lapangan merupakan detail data perawatan




















Gambar Rancangan Form Input Data Kerusakan Lapangan


lapangan yang harus diinputkan oleh user data kerusakan lapangan untuk menjadi arsipan data.

4.7  Rekomendasi

            Berdasarkan pertimbangan dari aspek teknis dan teknologi yang telah dipaparkan, pembangunan lapangan futsal ini layak karena unsur dan fasilitas utama bangunan sudah termasuk, peralatan dan mesin tersedia, ruangan baik untuk personel dan barang telah tersedia, lokasi produk yang strategis di daerahnya, Layout produk yang optimal.


BAB V
MANAJEMEN DAN ORGANISASI

5.1 Pendahuluan

Manajemen dan organisasi Nakula Futsal Area relative sederhana dengan struktur organisasi yang flat dengan seorang general manajer di bantu 2 bagian administrasi yang bertanggung jawab mengenai urusan administrasi dan keuangan perusahaan dan 1 manajer pemasaran yang mengurusi terkait pemasaran dan komunikasi pemasaran Nakula Futsal Area. Terkait dengan karyawan/pegawai akan dihandle langsung oleh general manajer Nakula Futsal Area.

5.2  Manajemen Proyek

·         Nama dan Alamat Perusahaan
Nama dari usaha ini diberi nama Nakula Futsal Area yang dimana usaha ini bergerak dibidang penyewaan lapangan futsal. Usaha ini beralamat di Jalan Raya Baros Cimahi Selatan.
·         Pemegang Saham / Pengurus
Pemegang saham dari usaha ini tidak lain adalah pendiri itu sendiri, yakni Lukman Alam Nugraha.
·         Bidang Usaha yang Diusulkan
Bidang usaha yang akan kami jalani ini yaitu tempat penyewaan sarana olahraga, khususnya di bidang olahraga futsal.
·         Akte Pendirian
Usaha  penyewaan lapangan futsal ini memiliki  ijin  usaha  dari  dinas perindustrian  dan  perdagangan  dan  sudah  terdaftar  sebagai  pelaku usaha penyewaan lapangan futsal. Sesuai dengan UU No.3/1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan  setiap usaha yang bersifat tetap dan   terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.

·         Izin yang Dimiliki
Usaha yang akan kami jalani ini memiliki izin usaha, antara lain :
-          SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )
-          IMB ( Izin Mendirikan Bangunan )
-          IPB ( Izin Pendirian Bangunan )
-          NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak )
-          Bukti Kepemilikan
·         Bank Rekanan
Usaha ini juga memiliki bank rekanan yaitu Bank Saudara.
·         Tambahan modal yang diusulkan
      Dalam pengerjaan mendirikan usaha penyewaan lapangan futsal ini, kami membutuhkan keseluruhan modal sebesar Rp 2.520.650.000. Namun kami baru memiliki modal sebesar Rp 1.500.000.000,00 sehingga kami membutuhkan tambahan modal sebesar Rp 1.020.650.000,00
·         Jangka waktu pengembalian kredit yang diusulkan
Modal pinjaman tersebut akan dikembalikan selama 3 tahun 3 bulan 5 hari dengan diangsur tiap bulannya.

5.3  Organisasi

Agar memudahkan manajemen perusahaan, maka dibuat struktur organisasinya, yaitu :
·        Profil Bisnis
Nama Bisnis                      : Nakula Futsal Area
Jenis Bisnis                        : Menyewakan lapangan Futsal
Pemilik                              : UIN Groub
Alamat                                : Jl. Tanah Raya Virginia Regency Pakuwon City Surabaya LT425 
Contact                             : 085790409xxx
Website Plan                    : www.NakulaFutsalArea.com
Facebook/Twitter              : Nakula Futsal / @NFA



·         Struktur Organisasi
Nakula Futsal Area menerapkan struktur organisasi model Organisasi Lini/Garis. Ini saya kira paling tepat karena sturktur ini sangat sederhana dan stabil serta cocok untuk perusahaan dengan karyawan yang jumlahnya sedikit sehingga memungkinkan diantara mereka untuk saling mengenal. Pucuk pimpinan dalam struktur ini biasanya adalah pemilik perusahaan yang bersangkutan itu sendiri. Bentuk struktur organisasi lini/garis dalam perusahaan ini dapat digambarkan sebagai berikut:

Manager









CUSTOMER SERVICE
Pramusaji
KARYAWAN
SECURITY
Keterangan :
Lapangan Nakula Futsal Area selain menyewakan tempat bermain futsal juga memiliki tempat fitness dan juga kafetaria kecil yang menyediakan berbagai macam minuman ringan dan makanan. Adapun fasilitas-fasilitas yang akan di buat adalah :
1. Dua buah lapangan futsal
2. Kafe
3. Fasilitas Fitness
4. Mushola
5. Rest Room
6. Layar TV 40 inchi dua buah
7. Locker room
8. Wi-Fi Zone
9. Online Registration
  • Jumlah kebutuhan personil
JABATAN
JUMLAH PERSONIL
PENDIDIKAN TERAKHIR
Manager
1
S1
Customer Service
1
SMK
Security
1
SMA
Pramusaji
1
SMA
Karyawan
1
SMA

Kelebihan struktur organisasi garis ini diantaranya:
  1. Ada kesatuan komando yang terjamin dengan baik
  2. Disiplin pegawai tinggi dan mudah dipelihara (dipertahankan)
  3. Koordinasi lebih mudah dilaksanakan
  4. Proses pengambilan keputusan dan instruksi-instruksi dapat berjalan cepat
  5. Garis kepemimpinan tegas, tidak simpang siur, karena pimpinan langsung berhubungan dengan bawahannya sehingga semua perintah dapat dimengerti dan dilaksanakan
  6. Rasa solidaritas pegawai biasanya tinggi
  7. Pengendalian mudah dilaksanakan dengan cepat
  8. Adanya penghematan biaya
  9. Pengawasan berjalan efektif 

5.4  Job Deskripsi

Deskripsi pekerjaan masing-masing bagian adalah sebagai berikut:
a)      Nama Jabatan                    : Pemilik Usaha/Manager
             Hubungan Organisasi       : Dengan Karyawan
Ringkasan Pekerjaan        : Pemilik Usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan serta pemilik juga membuat laporan keuangan perusahaan sebagai control posisi keadaan keuangan perusahaan.
Syarat minimal                       : mempunyai gaya kepemimpinan dan mengetahui ilmu manajerial yang baik.

b)      Nama Jabatan              : Customer Service
Hubungan Organisasi  : Bertanggung jawab kepada pemilik    usaha
Ringkasan Pekerjaan  : Bertanggung jawab terhadap kebenaran jumlah uang yang disetor dari hasil sewa lapangan serta kepuasan konsumen.
Syarat minimal            : Dapat mengoperasikan komputer, mengerti akuntansi/pembukuan, dapat melayani pelanggan dengan baik.

c)      Nama Jabatan              : Karyawan
Hubungan Organisasi  : Bertanggung jawab kepada pemilik usaha
Ringkasan Pekerjaan  : Bertanggung jawab terhadap kebersihan serta kerapian lapangan futsal serta selalu melakukan service yang terbaik terbaik konsumen.
Syarat minimal            : mempunyai gaya hidup bersih.

d)     Nama Jabatan              : Pramusaji
            Hubungan Organisasi  : Bertanggung jawab kepada pemilik usaha
Ringkasan Pekerjaan  : Bertanggung jawab terhadap pelayanan konsumen serta ;aporan keuangan futsal serta selalu melakukan service yang terbaik terbaik konsumen.
Syarat minimal: ahli memasak, mengerti pembukuan, dapat melayani pelanggan dengan baik.

e)      Nama Jabatan              : Security
            Hubungan Organisasi  : Bertanggung jawab kepada pemilik usaha
Ringkasan Pekerjaan    : Bertanggung jawab terhadap keamanan lingkungan lapangan futsal terutama terhadap kendaraan para customer lapangan futsal.
Syarat minimal            : memiliki keahlian beladiri.

 5.5  Penetapan Program Pengembangan SDM yang ada

Dalam menetapkan program pengembangan SDM yang ada, mungkin saya sebagai pemilik sekaligus manajer akan mengadakan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan maupun pengajaran/mendidik karyawan secara langsung disaat proses beroperasinya usaha. Dengan pelatihan, contohnya adalah dengan melatih bagaimana cara merawat dan memperbaiki fasilitas-fasilitas lapangan futsal seperti rumput, jaring, penerangan, dan lain sebagainya dengan mendatangkan ahlinya sebagai mentor. Kemudian dengan pengajaran karyawan secara langsung disaat proses operasi contohnya adalah dengan memberikan arahan, atau contoh nyata bagaimana melayani pelanggan dengan baik, dan lain sebagainya sehingga karyawan akan cepat mengerti dan berkembang.

5.6  Rekomendasi

            Berdasarkan analisis dari aspek manajemen dan sumber daya manusia yang meninjau dari aspek stakeholder, struktur organisasi, job analysis, dan job describtion, proses rekrutmen dan seleksi maka dapat disimpulkan bahwa proyek ini layak dijalankan.


BAB VI
ASPEK SOSIAL, EKONOMI, POLITIK DAN BUDAYA

6.1  Pendahuluan

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang memiliki animo yang sangat tinggi terhadap olahraga khususnya sepakbola dan tidak menutup kemungkinan futsal. Keadaan budaya pekerjaan orang Indonesia juga mendukung untuk lebih sering berolahraga, ambil contoh saja seorang karyawan penjaga toko yang keseharianya dalam pekerjaanya adalah dilakukan dengan posisi duduk. Secara naluri orang tersebut akan mengatakan bahwasanya dia kurang bergerak dan berolahraga sehingga akan miuncul keinginanaya untuk olahraga. Dan di perkotaan tempat/lapangan kosong untuk olahraga sangat sulit ditemukan sehingga banyak dari mereka akan datang ke tempat-tempar penyewaan jasa lapangan. Saat ini lapangan futsal merupaakan jasa penyewaan lapangan yang paling popular.
Politik di Indonesia saat ini sangat carut-marut khususnya mendekati pemilihan umum presiden. Meskipun situasi perpolitikan sedang memanas, hal ini tidak berimbas pada bisnis ini karena animo masyarakat tetap kuat untuk berolahraga.

6.2  Dampak Positif

  1. Penyerapan Tenaga kerja
Usaha futsal ini memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja sebanyak 8 orang dan memperkecil angka pengangguran di masyarakat.
  1. Dampak terhadap lingkungan masyarakat
-          Menciptakan bibit – bibit muda potensial.
-          Penyaluran hobi para masyarakat.
-          Tempat berkumpul para mahasiswa, organisasi kepemudaan serta kemasyarakatan dan perkumpulan futsal tentunya sehingga akan terbentuk suatu komunitas dari adanya lapangan futsal ini, dan kemudian dari komunitas tersebut akan ada suatu ide atau gerakan yang nantinya bisa bermanfaat kepada masyarakat pada umumnya dan olahraga futsal serta sepak bola dalam negeri pada khususnya.
  1. Dampak Terhadap Kesehatan Masyarakat
Dengan adanya lapangan futsal ini dapat menyehatkan tubuh, apalagi bila dilakukan dengan rutin misalnya 1 minggu 2 kali.

6.3  Rekomendasi

            Berdasarkan pertimbangan dari aspek social, politik, ekonomi dan budaya yang telah dipaparkan, pembangunan lapangan futsal ini layak karena dampak yang muncul dari bisnis ini berimbas positif dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Minimnya dampak negative membuat masyarakat merasa tidak terganggu dengan bisnis ini.


BAB VII
ASPEK FINANSIAL

7.1  Pendahuluan

Analisis aspek keuangan ini akan memberikan pemahaman mengenai laporan keuangan dan berbagai kriteria penilaian investasi. Sedangkan hal-hal yang akan dianalisis yaitu sebagai berikut :
  • Besarnya Kebutuhan Dana
  • Pendapatan
  • Biaya-biaya
  • Proyeksi Laba Rugi
  • Proyeksi Aliran Kas Bersih
  • Metode Penilaian Investasi : PP, NPV, PI, AROR, dan IRR

7.2  Kebutuhan Dana

          Dalam pendirinya, Nakula Futsal Area membutuhkan dana untuk investasi yang diambil dari modal sendiri. Lahan pun sudah ada milik sendiri. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut :
Perincian Dana Untuk Investasi
Jenis Investasi
Rincian
Jumlah
1. Bangunan, Lantai, dan Atap
+/- 2.000 m3
Rp 1.900.000.000
2. Peralatan Lapangan :
a. Pembelian Rumput Sintetis, Gawang,Jaring Gawang,Jaring Pengaman Keliling Lapangan
a. Bola futsal
b. Rompi
c. Papan Scor
d. Bangku Panjang untuk penonton
Total Peralatan
@ 3 set
(2 pcs @ Rp. 150.000) x 3 lap
24 pcs @ Rp. 20.000
ukuran p x t = 3, 5 m x 1, 6 m
@ 3 set
Rp 527.820.000
Rp 900.000
Rp 480.000
Rp 20.000.000
Rp 500.000
Rp 549.700.000
3. Komputer, Mesin Kasir , Kamera CCTV ( + installment )
@ 1 set
Rp 27.000.000
4. Perlengkapan Kantor :
a. AC
b. Meja Tamu,Kursi, Lemari
c. Perlengkapan lainnya
Total Perlengkapan
1 unit dan pemasangannya
Masing-masing 1 unit
Rp 2.500.000
Rp 1.000.000
Rp 450.000
Rp 3.950.000
5. Perijinan, dll
-
Rp 40.000.000
Total Investasi
Rp 2.520.650.000

7.3  Pendapatan

          Nakula Futsal Area diproyeksikan akan mendapat pemasukan dari jasa penyewaan lapangan, pendapatan branding sponsor sebesar Rp 36.000.000 pada tahun ke- 2 dan naik 5 % sampai tahun ke 5, dan pendapatan dari apparel dan minuman sebesar Rp 25.000.000 pada tahun pertama dan meningkat 10 % sampai tahun ke-6, naik 26 % untuk tahun ke 7-10.
          Adapun pendapatan dari jasa penyewaan didapat dari rencana penjualan yang tercantum dalam aspek pemasaran sebelumnya, yaitu :



Perhitungan Pendapatan dari jasa penyewaan 3 lapangan yang telah direncanakan (Lihat tabel rencana penjualan dalam aspek pemasaran)
Tahun
Senin-Jum’at
Sabtu & Minggu
Total
Pukul 10.00-17.00
Pukul 17.00 - 22.00
2010
1 jam x 22 hari x 150 rb = 3,3 jt
2 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
40 jam/bln x 220 rb = 8,8 jt
20.900.000 x 12 bln x 3 = Rp 752. 400.000
2011
2 jam x 22 hari x 150 rb = 6,6 jt
2 jam x 22 hari 200 rb = 8,8 jt
40 jam/bln x 220 rb = 8,8 jt
24.200.000 x 12 bln x 3 = Rp 871.200.000
2012
1 jam x 22 hari x 150 rb = 3,3 jt
2 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
48 jam/bln x 220 rb = 10,56 jt
22.600.000 x 12 bln x 3 = Rp 815.760.000
2013
2 jam x 22 hari x 150 rb = 6,6 jt
3 jam x 22 hari x 200 rb = 13,2 jt
40 jam/bln x 220 rb = 8,8 jt
28.600.000 x 12 bln x 3 = Rp 1.029.600.000
2014
2 jam x 22 hari x 150 rb = 6,6 jt
2 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
72 jam/bln x 220 rb = 15,84 jt
31.240.000 x 12 bln x 3 = Rp 1.124.640.000
2015
2 jam x 22 hari x 150 rb = 6,6 jt
2 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
72 jam/bln x 220 rb = 15,84 jt
31.240.000 x 12 bln x 3 = Rp 1.124.640.000
2016
2 jam x 22 hari x 150 rb = 6,6 jt
3 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
80 jam/bln x 220 rb = 17,6 jt
33.000.000 x 12 bln x 3 = Rp 1.188.000.000
2017
2 jam x 22 hari x 150 rb =6,6 jt
3 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
80 jam /blm x 220 rb = 17, 6 jt
33.000.000 x 12 bln x 3 = Rp 1.188.000.000
2018
2 jam x 22 hari x 150 rb = 6,6 jt
3 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
80 jam/bln x 220 rb = 17,6 jt
33.000.000 x 12 bln x 3 = Rp 1.188.000.000
2019
2 jam x 22 hari x 150 rb = 6,6 jt
3 jam x 22 hari x 200 rb = 8,8 jt
80 jam/bln x 220 rb = 17, 6 jt
33.000.000 x 12 bln x 3 = Rp 1.188,000.000
TOTAL PENDAPATAN PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL
Rp 10.470.240.000

7.4  Biaya-biaya

Seiring dengan berjalannya usaha, maka akan timbul biaya-biaya seperti biaya penyusutan, biaya pemeliharaan lapangan, biaya operasi yang terdiri dari : biaya upah & gaji karyawan dan biaya utilitas (listrik,telepon,air, dan lain-lainnya.Biaya tersebut setiap tahunnya adalah sebagai berikut :       

1. Biaya Penyusutan terdiri dari :
- Penyusutan Bangunan sebesar Rp 190.000.000 setiap tahunnya.
- Penyusutan Lapangan futsal sebesar Rp 52.782.000 setiap tahunnya.
- Penyusutan Peralatan lainnya sebesar Rp 2.188.000 setiap tahunnya.
- Penyusutan Perlengkapan dan lain-lainnya sebesar Rp 3.095.000 setiap tahunnya.
2. Biaya tenaga kerja terdiri dari :
- Karyawan (Manager-1 orang) sebesar Rp 2.300.000/bulan untuk 5 tahun, dan untuk 5 tahun berikutnya naik 31 %
- Karyawan – 2 orang (pengawas dan penerima order) sebesar Rp 1.500.000/bln untuk 5 tahun pertama, dan untuk 5 tahun berikutnya naik 20 %
- Kemanan (1 orang) sebesar Rp 950.000/bln
3. Biaya pemeliharaan lapangan Rp 6.000.000 setiap tahunnya
4. Biaya Utilitas (listrik,telepon, dan lain-lain) sebesar Rp 31.200.000 sampai tahun ke 3, naik 15 % untuk tahun ke 4-6, dan naik 17 % untuk tahun ke 7-10.

7.5  Proyeksi Laba Rugi

2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
2020
2019
PENDAPATAN
1. Sewa Lap.
2. Branding sponsor
3. Apparel & minuman
752. 400.000
-
25.000.000
871.200.000
36.000.000
27.500.000
815.760.000
37.800.000
30.250.000
1.029.600.000
39.690.000
33.275.000
1.124.640.000
41.674.500
36.602.500
1.124.640.000
43.758.225
40.262.750
1.188.000.000
43.758.225
50.731.065
1.188.000.000
43.758.225
50.731.065
1.188.000.000
43.758.225
50.731.065
1.188.000.000
43.758.225
50.731.065
Jml Pendapatan
777.400.000
934.700.000
883.810.000
1.102.565.000
1.202.917.000
1.208.660.975
1.282.489.290
1.282.489.290
1.282.489.290
1.282.489.290
Harga Pokok Hasil Usaha :
1. Penyusutan :
- Bangunan
- Lap.Futsal
- Peralatan
- Perlengkap
2. Pemeliharaan
Jumlah Harg.Pk
190.000.000
52.782.000
2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000
2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000
2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000
2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000
2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000

2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000

2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000

2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000

2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
190.000.000
52.782.000

2.188.000
3.095.000
6.000.000
254.065.000
LABA KOTOR
523.335.000
680.635.000
629.745.000
848.500.000
848.500.000
954.595.975
1.028.424.290
1.028.424.290
1.028.424.290
1.028.424.290
BIAYA OPERASI :
1. Manager
2. Pengawas & Kasir
3. Satpam
4. Biaya Utilitas
Jumlah Biaya
Laba Operasi
27.600.000
36.000.000
11.400.000
31.200.000
106.200.000
27.600.000
36.000.000
11.400.000
31.200.000
106.200.000
27.600.000
36.000.000
11.400.000
31.200.000
106.200.000
27.600.000
36.000.000
11.400.000
35.880.000
110.880.000
27.600.000
36.000.000
11.400.000
35.880.000
110.880.000
36.156.000
43.200.000
11.400.000
35.880.000
115.236.000
36.156.000
43.200.000
11.400.000
41.979.600
132.735.600
36.156.000
43.200.000
11.400.000
41.979.600
132.735.600
36.156.000
43.200.000
11.400.000
41.979.600
132.735.600
36.156.000
43.200.000
11.400.000
41.979.600
132.735.600
Laba Bersih
417.135.000
574.435.000
523.545.000
737.620.000
737.620.000
839.359.975
895.688.690
895.688.690
895.688.690
895.688.690

7.6  Proyeksi Aliran Kas Bersih (Proceeds)

2010
2011
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
EAT
417.135.000
574.435.000
523.545.000
737.620.000
737.620.000
839.359.975
895.688.690
895.688.690
895.688.690
895.688.690
Penyusutan
248.065.000
248.065.000
248.065.000
248.065.000
248.065.000
248.065.000
248.065.000
248.065.000
248.065.000
248.065.000
Proceeds
665.200.000
822.500.000
771.610.000
985.685.000
985.685.000
1.087.424.795
1.143.753.690
1.143.753.690
1.143.753.690
1.143.753.690




7.7  Penilaian Investasi

a. Payback Period (PP)
Jangka waktu pengembalian investasi dari usaha Tifosi Futsal Center ini akan kembali dalam jangka waktu :  


Investasi                      = Rp 2.520.650.000
Proceed Tahun 2010   = Rp    665.200.000 –
                                                = Rp 1.855.450.000
Proceed Tahun 2011   = Rp 822.500.000 –
                                                = Rp 1.032.950.000
Proceed Tahun 2012   = Rp 771.610.000 –
                                                = Rp 261.340.000
Maka sisa waktu pengembalian investasi adalah :
PP = 3 tahun + (Rp 261.340.000/Rp 985.685.000) x 12 bulan
PP = 3 tahun + 3, 18→→(0,18 x 30 hari = 5,4 hari )
PP = 3 tahun 3 bulan 5 hari
Artinya : Investasi pada Tifosi Futsal Center ini dapat dikembalikan dalam periode 3 tahun 3 bulan 5 hari, lebih cepat dari umur ekonomis yang telah ditetapkan, yaitu 10 tahun, sehingga investasi proyek Tifosi Futsal Center layak untuk dijalankan.
b. Net Present Value (dalam Rp)
Dalam perhitungan NPV ini, tingkat diskonto yang diinginkan sebesar 15%, hal ini karena kami sebagai pemilik modal menginginkan nilai pengembaliannya lebih besar dari investasi.
Tahun
Proceeds
PVIF 15 %
PV.Proceeds
2010
665.200.000
0,8696
578.457.920
2011
822.500.000
0,7561
621.892.250
2012
771.610.000
0,6575
507.333.575
2013
985.685.000
0,5718
563.614.683
2014
985.685.000
0,4971
489.984.013,5
2015
1.087.424.795
0,4323
470.093.738,9
2016
1.143.753.690
0,3759
429.937.012,1
2017
1.143.753.690
0,3269
373.893.081,3
2018
1.143.753.690
0,2843
325.169.174,1
2019
1.143.753.690
0,2472
282.735.912,2
∑ PV CIF
4.643.111.360
∑ PV COF
2.520.650.000
NPV
2.122.461.360

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan, bahwa usaha Tifosi Futsal Center layak dijalankan, karena nilai keuntungan bersih sekarang menunjukan angka positif, lebih besar dari nilai investasi sekarang dan ∑ PV CIF > ∑ PV COF.
c. Profitability Index
PI = ∑ PV CIF / Investasi
PI = 4.643.111.360 / 2.520.650.000 = 1, 8
Karena PI > 1 dan ∑ PV CIF > ∑ PV COF maka usaha Tifosi Futsal Center layak untuk dijalankan.
d. Perhitungan Average Rate of Return (AROR)
·         Atas dasar Initial Investment = ∑ EAT / n x 100 %
investasi
                                                                  = 2.064.646.974 x 100 % = 81, 90 %
                                                                   2.520.650.000     
·         Atas dasar Average Investment = ∑ EAT / n x 100 %
Investasi / 2
                                                                       = 2.064.646.974 x 100 % = 163 %
                                                                   1.260.325.000     
e. Perhitungan Internal Rate of Return (IRR)
Tahun
Proceeds
PVIF 35 %
PV.Proceeds
2010
665.200.000
0,7407
492.713.640
2011
822.500.000
0,5487
451.305.750
2012
771.610.000
0,4064
313.582.304
2013
985.685.000
0,3010
296.691.185
2014
985.685.000
0,2230
219.807.755
2015
1.087.424.795
0,1652
179.624.576,1
2016
1.143.753.690
0,1224
139.995.451,7
2017
1.143.753.690
0,0906
103.624.084,3
2018
1.143.753.690
0,0671
76.745.872,6
2019
1.143.753.690
0,0497
56.844.558,39
∑ PV CIF
2.330.935.197
∑ PV COF
2.520.650.000
NPV
-189.714.802,6
IRR = 15 % + (4.643.111.360) x 20 %
                         (4.643.111.360- (-189.714.802,6))
IRR = 15 % + 19, 21 %
IRR = 34, 21 %
Dari perhitungan IRR diatas dapat disimpulkan, bahwa usaha Nakula Futsal Zone ini layak untuk dijalankan, karena IRR 34,21 % lebih besar dari tingkat diskonto yang disyaratkan yaitu 15 %.

7.8  Rekomendasi

            Berdasarkan pertimbangan dari aspek keuangan yang telah dipaparkan, pembangunan lapangan futsal ini layak karena biaya investasi dan operasional memenuhi standar nilai kelayakan investasi. Nilai tersebut dapat dilihat dari penghitungan PBP, PI, NPV, dan IRR.


BAB VIII
AMDAL

8.1  Pendahuluan
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Yang dimaksud lingkungan hidup di sini adalah aspek Abiotik, Biotik, dan Kultural. Dasar hukum AMDAL adalah Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1999 tentang "Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup".
Pada pembangunan bangunan komersial, AMDAL menjadi salah satu syarat pada saat pengurusan perijinan karena pada saat pembangunan ataupun ketika bangunan sudah beroprasi akan banyak masalah baru yang timbul, oleh sebab itu analisa mengenai dampak lingkungan perlu dibuat seteliti mungkin.
Amdal lalu lintas diatur dalam pasal 99 s/d 100 UU No 22 tahun 2009 Tetang Lalu lintas dan Jalan. Pada  pasal 99  ayat  satu  berbunyi, setiap  rencana pembangunan pusat kegiatan, pemukiman dan infrastruktur yang akan menimbulkan  gangguan kelancaran lalu lintas dan angkuatan jalan, wajib dilakukan  analisis dampak lingkungan. Terdapat beberapa komponen yang terkena dampak, yaitu:



8.2  Rekomendasi

            Berdasarkan pertimbangan dari aspek analisis dampak lingungan yang telah dipaparkan, pembangunan lapangan futsal ini layak karena proses pembangunan lapangan futsal ini tidak menyebabkan kerusakan lingkungan sekitar. Selain itu, limbah yang dihasilkan dari bisnis ini tidak lah berbahaya, sehingga bisa langsung dibuang tanpa diolah terlebih dahulu.


BAB IX
PENUTUP


9.1  Kesimpulan

Telah penulis jelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa kebutuhan lapangan futsal sangatlah penting di era globalisasi seperti sekarang ini. Orang banyak menggunakan Lapangan futsal untuk menyalurkan hoby bermain bolanya.  Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh futsal yang membuat usaha penyewaan lapangan futsal layak untuk dijalankan. Karena kedepan akan semakin banyak orang yang ingin bermain bola dan semakin sedikit tanah lapang untuk menyalurkan hobinya.
Dalam memulai bisnis ini, banyak hal yang perlu disiapkan dengan matang. Untuk permodalan bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar namun juga menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Untuk masalah aspek teknis dan SDM dalam bisnis ini tidak terlalu berpengaruh namun aspek ini pun telah terpenuhi sehingga studi kelayakan bisnis Nakula Futsal Zone adalah layak.
Dalam usaha Lapangan futsal  yang merupakan menjual jasa, maka semua karyawan harus terlibat langsung dalam pelayanan kepada pelanggan untuk menari simpati para pelanggan agar pelanggan betah dan terus berkunjung ke lapangan futsal yang akan dibuka.
Dalam sebuah bisnis tidak mungkin berjalan dengan mulus tanpa rintangan dan hambatan bahkan kerugian, maka untuk itu sebagai seorang wirausaha kita harus siap menghadapi kondisi seperti itu bahkan tersulit sekalipun, dan harus bisa menyelesaikan masalah yang ada. Serta harus mendengarkan masukan dan keluhan dari karyawan.

9.2  Rekomendasi

Dalam Rencana mendirikan Lapangan futsal, agar dapat berjalan dengan baik, sebaiknya lokasi tempat usaha harus strategis dan berada di lingkungan sekitar kampus dan sekolah, juga sebagai seorang pimpinan harus loyal kepada karyawan dan mau menerima masukan dan kritikan dari bawahan, karena tanpa kerja sama dari karyawan sebuah usaha tidak akan mampu berjalan dengan baik, serta kesejahteraan karyawan harus diperhatikan.
Disamping kesejahteraan karyawan saran selanjutnya yaitu menghargai dan memberikan pujian dan penghargaan atas prestasi kerja yang telah di persembahkan oleh karyawan, agar hubungan antara antara bawahan dan atasan terus terjalin dengan baik. Jadilah seorang pimpinan yang mengerti akan keadaan bawahannya. Semoga timbal balik antara karyawan dan bawahan terus terjalin dengan baik.
Demikianlah Kesimpulan dan saran dalam pembuatan makalah untuk mendirikan sebuah Usaha Yaitu Mendirikan Lapangan futsal. Dalam pembuatan makalah ini banyak sekali kekurangan-kekurangan, untuk itu penulis sebagai manusia biasa mohon maaf atas segala kekurangan dan kehilafan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

DAFTAR PUSTAKA

Sucipto, Agus. 2011. Studi Kelayakan Bisnis. Malang: UIN-Maliki Press
Husein Umar,1997,Study Kelayakan Bisnis,PT.Gramedia Pustaka Utama,Jakarta
William Stanton,1991,Prinsip Pemasaran,Penerbit Erlangga,Jakarta
Warsono,2002.Manajemen Keuangan,Penerbit Bayumedia,Malang

Share:

1 comment:

  1. Penarikan paling Tercepat di DetikTrade

    Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade

    1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied

    2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal

    3. Teregulasi di FCA UK

    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading

    5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri

    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui www.detiktrade.com

    WA : 087752543745

    ReplyDelete

Popular Posts

VISITOR

clustrmap

Lencana Facebook

translate

JOIN TO FOLLOW

Labels

Recent Posts